AHAD PERTAMA DI BULAN TERAKHIR

Ahad pertama di bulan terakhir tidak ubahnya ahad-ahad biasanya. Aku mulai mencoret-coret kalender, menghitung mundur pertemuan terakhir dengan teman-teman. Rasa-rasanya tiga bulan adalah waktu yang sangat cepat sekali. Tak terasa sudah menginjak bulan terakhir kebersamaan. Tiap pertemuan pastinya telah ditetapkan perpisahan. Seperti yang terjadi hari ini di Sirkuit Sepang Malaysia, seorang pembalap yang beberapa waktu lalu sempat diunggulkan, hari ini diunggulkan di akherat. Sebuah kecelakaan mencabut nyawanya, mengakhiri mimpi dunia, dan mempertanggungjawabkan di pengadilan tertinggi. Tak seorang pun bisa memperkirakan kematian, termasuk juga diriku. Baikkah sudah diri ini? Siapkah tuk kembali? Muhasabah Cinta kepadaNya sudahkah?

Ahad hari ini, kembali seperti biasa, darah, urine, faeces dan dahak senantiasa menjadi teman dan sumber kehidupan duniaku. Berusaha menyelamatkan nyawa orang lain atas ridho Alloh. Karena hanya Alloh yang meyembuhkan perantara tim medis. Darah rutin, SGOT, SGPT, Ureum, Creatinine, dan HbsAg selalu menjadi senjata utama memecahkan beberapa kasus. Memang hanya sekedar penunjang medis, namun sungguh manfaatnya sangat besar sebagai penunjang diagnosa penyakit. Hampir seluruh penyakit terdeteksi lewat pemeriksaan laboratorium.

Sungguh aku tak pernah menyangka kalau hari-hariku akan seperti ini. 3,5 tahun yang lalu, aku yang tak pernah tahu apa itu Analis, tak tahu ini-itu. Sungguh hari ini, hal itu sangat menyenangkan. Teringat saat menimba ilmu bersama teman-teman, sangat menyenangkan, rasanya ingin kembali ke masa-masa itu. Bermain, belajar, olok-olokan, nangis semua rasa bercampur, tumpah ruah membanjiri seisi kelas. Dimana mereka semua, sudahkan malaikat-malaikat kecil menghiasi rumah mereka? Ku merindukan kebersamaan kita. Merindu tuk bertemu kalian…

Ahad hari ini, ku mulai detik penghabisan, akhir ceritaku bermula. Sosok kematian kian mendekat, terus dan terus mendekat tanpa seorangpun merasakannya.

Ahad hari ini, ku mulai semua harapan, awal sebuah kesuksesan catatan hidupku. Hamparan sorban putih mendekap erat jasadku. Mutiara-mutiara kecil bercahaya membanjiri tiap sudut ruangku.

Ahad hari ini apakah akan jadi ahad terakhir untuk hidupku?

Ahad hari ini, semoga menjadi ahad terindah yang pernah ada.

Ahad pertama di bulan terakhir…

Ahad, 23 Oktober 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s