Resensi buku ~ ‘BALITA HEBAT’

Judul Buku : Balita Hebat

Penulis : Pipiet Senja dkk

Penerbit : Jendela

Genre : Parenting

Halaman : 208 hal

Ukuran : 20 X 14 cm

ISBN : 978-979-063-633-0

Tahun : 2011

SINOPSIS

Kehebatan imajinasi dan kreativitas anak balita sungguh karunia-Nya yang tak terhingga. Sebagai orang tuaku tidak ingin membonsai potensi kreativitas dan imajinasi mereka. Aku berharap demikian pula guru atau siapapun yang berinteraksi dengan anak balita. Namun, saat melihat kenakalan dan kehebohan mereka, tak urung hati kesal, masygul.

Wajahnya tampak mirip sekali dengan ayahnya, suami yang telah meninggalkan kami karena kecelakaan. Dia yang sangat mengasihiku dan begitu berbahagia setiap kali aku melahirkan buah cinta kami. Dalam kebersamaan yang singkat, betapa sering ia membisikkan kata-kata lembutnya: “Titip buah hati kita, ya Cintaku. Mereka Amanah dari Sang Maha Pemilik.”

Buku ini berisi kumpulan kisah inspirasi seputar balita yag mengharu-biru dan menggemaskan, tak jarang membuat mata kita berembun. Begitu banyak tingkah-polah balita yang bisa membuat kita terperangah, tertunduk malu, dan mengambil pelajaran serta hikmah.

Buku ini tercipta dari para penulis yang rajin Blogger dan Fb-an yang di prakarsai oleh Teh Pipiet Senja. Dan seluruh Royalti di sumbangkan untuk korban bencana.

***

Cover unik. Cover pelangi dengan 4 malaikat kecil di setiap sudut dengan judul ‘BALITA HEBAT’. Apalagi aku sangat suka dengan balita. Tak butuh waktu lama buku itu memikatku. Buku ini sangat bermanfaat terutama bagi sepasang Suami istri yang baru menerima amanah buah hati dari Sang Maha Pemilik. Tak hanya mereka, bagi bujang atau pengantin baru serta pengantin lama pun masih membutuhkan buku ini sebagai pegangan pendidikan balita sejak lahir.

Kecerdasan dan kreativitas Penulis dalam menceritakan kisah Balita Hebat ini sungguh sangat memikat hati dan kata-katanya sangat ringan namun bersyarat makna. Saat membaca di awal ingin rasanya, terus dan terus membuka halaman berikutnya. Saya cuplikan beberapa kisah dalam buku ini.

Di awali dengan Amanah Cinta Dian Nafi
Si Peniru ulung yang cerdik, dan seorang single parent yang Hebat.

Janji Seorang Bunda ~Pipiet Senja

“Mama itu salah! Mama gak bisa pegang janji!” Teriaknya di antara tangisnya. “Kan Mama sudah janji… Butet juga sudah janji… Kenapa Mama Jemput Butet… Woaaa… Jangan Jemput!”

Penggalan kisah yang sangat membuat saya takjub. Seorang balita TK sangat memegang teguh janji yang telah dibuat. Dan pada dasarnya seorang anak yang terlahir adalah amanah.

Kemudian ‘Berkat Kisah Teladan~Nashita Zayn”
Kecerdikan seorang Balita bernama Khansa, saat ingin masuk rumah sedang keadaan rumah semua pintu terkunci. Masuk kamar lewat jeruji besi jendela, tanpa sepengetahuan siapapun termasuk satpam.

Calon Penghuni Surganya~Kang Eric Shandy
Kalau menerutku, kang Eric sungguh hebat, seorang pemuda belum menikah namun mampu menyihir 2 bocah yang bawel menjadi calon penghuni surga. Dan berawal dari niat ibadah karena Susu menjadi Niat ibadah karena Allah.

Sebagai Ending “Ambilkan Selimut Kakak~bunda Leyla Hana”
Dua malaikat kecil yang berbeda 1 tahun. Seorang kakak yang mempunyai sifat memimpin dan layaknya seorang Bos. Dan Seorang adik yang mempunyai sifat penuh empati dan suka menolong tanpa negosiasi.

Masih banyak lagi kisah Balita Hebat di buku ini, cuplikan di atas hanyalah sebagian kecil dari kisah-kisah inspiratif dan penuh keteladanan seorang balita. Saya ingat sebuah pepatah jawa. “Kebo Nyusu Gudhel”1. Maksudnya Orang dewasa tak ada salahnya belajar dari yang muda. Belum tentu orang dewasa selalu benar dalam bersikap dan bertindak.
Rugi kalau sampai tidak membaca buku ini. Buku ini juga di lengkapi dengan :Tips Pijat Bayi, 9 Kesalahan dalam merawat Balita, 10 Penyakit Balita, Makanan bunda sehat dan bergizi dan Menjaga kesehatan balita anda.

Nb.
(1) Kebo : Kerbau, Nyusu : Minum (air susu induk), Gudhel : anak kerbau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s