Bilal Bin Rabbah

Bila ditanyakan pada anak-anak muslim sekarang, dari segala penjuru dunia. Siapa yang tidak kenal seorang Bilal bin Rabbah? Seorang remaja Habsy dari golongan berkulit hitam, seorang budak belian, yang hidupnya bersama dengan unta dan domba-domba majikanya. Yang telah berulang kali mengucapkan Ahad… Ahad… saat siksaan menerpa dirinya. Dan dia adalah Muadzin Rasulullah pertama kali.

Saat berita tentang Islam menyebar luas dikalangan petinggi-petinggi Quraisy. Pada suatu kesempatan Umayah bin Khalaf majikan Bilal bersama Uqbah bin Mu’ith berbincang-bincang, membicarakan tentang sebuah agama baru yang diajarkan oleh Muhammad, dan mencaci maki Muhammad, serta kebenciannya kepada Bani Hasyim. Terdengarlah perbincangan itu oleh Bilal bin Rabbah. Yang akhirnya mendatangi Rasulullah dan menyatakan keislamannya.

Suatu ketika terbongkarlah keislaman Bilal yang ia sembunyikan, dan berita itu seolah menampar wajah majikkannya. Sehingga, membuat Umayah naik pitam dan menyiksa bilal dengan tidur di atas bara api, agar ia keluar dari agama barunya. Tetapi hanya kata Ahad… Ahad… yang keluar merdu dari mulutnya.

Penyelamat datang dengan membeli Bilal dan memerdekakannya, Umar bin Khatab. Kemudian membawanya kebarisan orang yang pertama masuk Islam. Dan Oleh Rasulullah di jadikannya Muadzin dalam Sholat untuk yang pertama kalinya.
Tibalah perang Badar, dan Bilal ikut pera dalam perang itu. Allah tidaklah buta dan tuli, melihat pengorbanan dan kegigihan seorang Bilal untuk menegakkan Islam. Dibaliklah sebuah hokum, takdir atas kematian Umayah dan Uqbah, dua orang yang telah menganiaya Bilal. Dan Mati ditangan Bilal bin Rabbah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s