Abdullah Bin Umar

Seorang remaja yang sampai akhir hidupnya tidak pernah membelot dari Islam. Remaja yang pada usia 13 tahun sudah ingin ikut berperang, tetapi karena masih belia dilaranglah oleh Rasulullah. Anak dari Umar Bin Khatab memiliki banyak keistimewaan yang memikat. Ilmunya, kerendahan hatinya, kebulatan tekad, keteguhan pendirian, kedermawanan keshalihan dan ketekunan dalam beribadah serta berpegang teguhnya kepada contoh Rasulullah.

Bahkan semua yang dikerjakan Rasulullah diikutinya, dengan sangat cermat dan teliti. Kesetiaannya yang amat sangat dalam mengikuti jejak langkah Rasulullah ini, telah mengundang pujian dari Ummul Mu’minin ‘Aisyah r.a. sampai ia mengatakan: “Tak seorang pun mengikuti jejak Rasulullah saw, di tempat-tempat pemberhentiannya, sebagaimana yang dilakukan Ibnu Umar… !”
Karena kegemarannya yang kuat tidak pernak luntur dalm mengikuti sunnah dan jejak langkah Rasulullah, maka Ibnu Umar bersikap amat hati-hati dalam menyampaikan Hadist dan Fatwa, jika tidak benar-benar lengkap dan ingat dengan yang dikatakan oleh Rasulullah.

Ibnu Umar adalah orang yang tidak pernah meninggalkan sholat lail sampai akhir hidupnya. Dan ketika mendengar ayat-ayat peringatan dalam Al Qur’an maka bercucuranlah air matanya.

Pada masa kekhalifahan Ustman sampai terjadinya fitnah di kalangan kaum muslimin, ia tidak pernah ikut campur dalam pemerintahan. Bukannya pengecut, tetapi dia sangat berpegang pada firman Allah: “Perangilah mereka itu hingga tidak ada lagi dan hingga orang-orang beragama itu Ikhlas karena Allah.” (Q.S. Al BAqarah [2]: 193)

Kata Ibnu Umar: “Kita sudah melakukan dan memerangi orang-orang musyik, hingga agama ini semata bagi Allah! Tetapi sekarang apa tujuan kita berperang? Apakah saya akan memerangi orang yang telah mengucapkan ‘Laa ilaaha illallah’?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s