The Secret of Shalihah ~ Aisya Avicenna

RESENSI BUKU

Judul : The Secret of Shalihah
Penulis : Aisya Avicenna
Penerbit : Indie Publishing
Tahun : November 2011
Cetakan : Pertama
Harga : Rp. 25.000,00
ISBN : 978-602-9142-37-2
Halaman : xxvi + 137 hal; 15 x 10 cm

Prolog:
Seindah hiasan adalah muslimah shalihah. Buku mungil yang berjudul “The Secret of Shalihah” ini hadir sebagai bentuk ungkapan cinta dan kasih sayang penulis khususnya kepada semua muslimah yang bertekad dan terus berusaha menjadi shalihah. Dan sekaligus sebagai sarana renungan dan motivasi bagi penulis yang juga tengah berjuang untuk menjadi shalihah.

Kepribadian seorang muslimah haruslah berlandaskan Al Qur’an dan As Sunnah. Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam sebuah hadist: “Aku tinggalkan pada kamu dua perkara, kamu tidak akan tersesat selagi kamu berpegang teguh kepadanya, yaitu Kitabullah (Al Qur’an) dan Sunnah Nabi-Nya” (Diriwayatkan Imam Malik).

Cermin Seorang Muslimah
Muslimah mempunyai kedudukan yang sangat tinggi di dalam islam dan pengaruhnya begitu besar dalam kehidupan setiap muslim. Pentingnya peran muslimah tampak di dalm beban tanggung jawab yang harus diembannya dan perjuangan berat yang harus ia pikul yang pada sebagiannya melebihi beban tanggung jawab kaum pria.

Pernah diriwayatkan ada seorang lelaki datang kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya berkata: “Ya Rasulullah siapa manusia yang lebih berhak untuk saya pergauli dengan baik?” Jawab Nabi, “Ibumu” Ia bertanya lagi, “Lalu siapa?” Jawab beliau, “Ibumu”, Ia bertanya lagi, “Lalu siapa lagi?” Jawab beliau, “Ibumu”, Ia bertanya lagi, “Lalu siapa?” Beliau jawab “Ayahmu.” (Diriwayatkan oleh Imam Bukhari)

Hadist ini memberi pengertian bahwa ibu harus mendapat tiga kali lipat perbuatan baik dari anaknya dibandingkan seorang bapak. Mencoba untuk flashback ke zaman Rasullullah, telah ada bukti nyata wanita muslimah seperti Khadijah Radhiyallahu ‘anha yang mempunyai peran berarti saat penerimaan wahyu pertama kali di Goa Hira’. Rasulullah datang kepada khadijah dalam keadaan seluruh persendiannya gemetar, seraya bersabda: “Selimuti aku! Selimuti aku! Sungguh aku mengkhawatirkan diriku” Maka Khadijah berkata: “Tidak. Demi Allah, Allah tidak akan membuatmu menjadi hina sama sekali, karena engkau selalu menjalin hubungan silaturahmi, menanggung beban, memberikan bantuan kepada orang yang berada di pihak yang benar” (Muttafaq ‘Alaih).

Serta peran Aisyah Radhiyallahu ‘anha tak kalah pentingnya, dimana sahabat Nabi banyak mengambil hadist-hadist dari beliau, dan begitu pula kaum wanita banyak yang belajar kepadanya tentang hukum-hukum yana berkaitan dengan mereka.

Dan tidak pula meragukan peran ibu sangat berpengaruh bagi diri kita, mulai dari rahim sampai sekarang. Dan tak ada pahala apapun yang bisa untuk mengganti pengorbanannya.

Potensi seorang muslimah
Muslimah memang memiliki sifat lembut namun itu tidak berarti menjadikannya sebagai makhluk lemah, di balik kelembutannya tersimpan kekuatan dan potensi terpendam yang belum maksimal. Potensi pertama, kenali diri dengan mengetahui kelebihan dan potensi yang dimiliki. Kedua, bersegeralah untuk proaktif. Muslimah harus peduli dengan lingkungan, memberikan konstribusi nyata dengan karya kepada lingkungan.

Isi:
“Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah muslimah yang shalihah.”
(HR. Muslim)
“Aku tinggalkan pada kamu dua perkara, kamu tidak akan tersesat selagi kamu berpegang teguh kepadanya, yaitu Kitabullah (Al Qur’an) dan Sunnah Nabi-Nya”
(Diriwayatkan Imam Malik).

Buku ini sangat menarik dan sangat bermanfaat terutama bagi semua muslimah yang ingin menjadikan dirinya perhiasan dunia, yaitu muslimah shalihah. Dan juga muslim sebagai patner yang tak lepas dari muslimah perlu juga membaca buku ini. Kenapa? Karena buku ini bercerita tentang Al Qur’an dan As sunnah dalm menggapai title shalih dan shalihah. Dari dua hadist di atas, penulis mengembangkan menjadi beberapa mutiara yang elok, anggun bahkan nilai jualnya tinggi. Penulis mengembangkan sepuluh karakter dari Al Qur’an dan As Sunnah yang harus melekat pada pribadi setiap muslimah shalihah. Sepuluh karakter yang terbagi dalam beberapa mutiara-mutiara indah yang akan membantu muslimah menemukan jatidiri sebagai muslimah shalihah.
1. Salimul Aqidah (Aqidah yang bersih)
Dengan aqidah yang bersih maka muslimah akan memiliki ikatan yang kuat dengan Allah Swt. Dan dengan ikatan yang kuat maka tidak akan pernah menyimpang dari jalan dan ketentuanNya.

2. Shahihul Ibadah (Ibadah yang benar)
Ibadah yang benar adalah perintah Rasulullah yang sangat penting, dalam satu hadistnya menyatakan shalatlah kamu sebagimana kamu melihat aku shalat. Jelas sudah dalam diri Rasulullah terdapat suri tauladan yang baik. Maka dalam beribadah janganlah menyimpang dari ajaranNya dan mengada-adakan atau menambahkan sesuatu yang belum jelas akan kebenarannya.

3. Matinul Khuluq (Akhlak yang kokoh)
Rasulullah diutus untuk memperbaiki akhlak dan belaiau sendiri telah mencontohkannya. Sehingga Allah mengabadikan dalam QS. Al Qalam [68] ayat 4 yang artinya: “ Dan sesungguhnya kamu benar-benar memiliki akhlak yang agung.”

4. Qadirun ‘Alal Kasb (Mandiri)
Seorang muslimah boleh saja kaya raya bahkan memag harus kaya agar dia bias menuanaikan haji, zakat,infaq, shadaqah, dan mempersiapkan masa depan dengan baik. Paling tidak memiliki keahlian, agar menjadi sebab datangnya rizki dari Allah Swt.

5. Mutsaqaful Fikr (Intelek dalam berpikir)
Mutsaqaful Fikr adalah salah satu sifat rasul, yaitu fatonah (cerdas) dan AlQur’an banyak mengungkapkan ayat-ayat yang merangsang manusia untuk berpikir. Muslimah harus memiliki wawasan keislaman dan keilmuan yang luas.

6. Qawiyul Jism (Kekuatan Jasmani)
Seorang muslimah hendaknya memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga melaksanakan ajaran islam pun tidak ogah-ogahan. Shalat, zakat, puasa serta haji merupakan amalan yang membutuhkan jasmani yang sehat.

7. Mujahidu Linafsihi (Berjuang melawan hawa nafsu)
Setiap manusia memiliki kecendurungan baik dan buruk, kesungguhan lah yang akan menjadi kunci melawan hawa nafsu. Rasulullah bersabda yang artinya: “Tidak beriman seorang dari kamu sehingga ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa (ajaran Islam)” (HR. Hakim).

8. Munazham fi Syu’unihi (Teratur dalam suatu urusan)
Segala sesuatu harus dikerjakan secara professional, bersungguh-sungguh, bersemangat, dan totalitas merupakan diantara cirri-ciri muslimah dalam menuaikan tugas-tugasnya.

9. Haritsun ‘Ala Waqtihi (Pandai menjaga waktu)
Allah memberikan waktu kepada semua manusia sama, yaitu 24 jam sehari semalam. Dari waktu itu ada yang beruntung dan tak sedikit yang rugi. Ingat lima perkara sebelum datang lima perkara, yakni waktu hidup sebelum mati, sehat sebelum sakit, muda sebelum tua, senggang sebelum sempit, dan kaya sebelum miskin.

10. Nafi’un Lighairihi (Bermanfaat bagi rang lain)
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (HR. Qudhy dan Jabir).

Epilog:
Sebuah Muhasabah muslimah shalihah lah yang dipilih penulis sebagai akhir atau penutup dari rangkaian sifat atau karakter yang harus dimiliki seorang muslimah yang mendambakan sebagai perhiasan terindah di dunia, yakni muslimah shalihah. Sebait muhasabah:
Jadilah seorang muslimah shalihah
Yang tidak terpesona dengan buaian dunia
Karena hanya memimpikan syurgaNya
Karena hanya mengharapkan ampunanNya
Karena hanya merindu rahmat dan ridhoNya

Kelebihan:
Dari ukuran yang mungil dan harga yang relative murah untuk ukuran pelajar atau mahasiswa. Buku saku, yup, bisa dibawa kemanapun, dibaca dimanapun sesuka hati. Insyaallah buku ini mampu menyihir muslim atau muslimah untuk menjadi lebih baik lagi, beberapa ayat al Qur’an dan As Sunnah mewarnai rangkaian buku ini dari awal sampai akhir. Penulis berhasil memindahkan sebagian isi Al Qur’an dan As Sunnah tentang perilaku muslim shalihah ke dalam buku berukuran 15 x 10 cm ini.

Secara isi keseluruhan buku ini sangat menarik, dan insyaallah menjadi pembimbing untuk meraih jannah dengan membawa title muslimah shalihah.

Untuk kekurangan hanyalah editing saja.

Siapa yang ingin jadi muslimah shalihah? Ups…lupa tak hanya muslimah shalihah, tapi muslim shalih pun jangan sampai ketinggalan, karena muslim adalah patner abadi muslimah. Serta Al Qur’an dan As Sunnah bukan hanya untuk muslimah, namun untuk seluruh umat manusia. Bacalah buku mungil ini “The Secret of Shalihah”, insyaallah tidak akan rugi membelinya. Semoga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s