Ungkapan Persahabatan

Juara Lomba Ungkapan Persabatan dalam Rangka Milad bunda Syifa Qurrota A’yun ke – 46 tahun.

Juara dengan Juri : Arul Chandrana dari Pulau Bawean Penulis Buku Pemburu Rembulan

Juara 1 (Pemburu Rembulan ~ Arul Chandrana)

LOMBA.
Persahabatan itu adalah bayangan diri kita sendiri yang memantul dari sinar hati. Begitu pun sebaliknya, sahabat adalah pancaran diri kita, karena telah seia sekata, bahkan seiman, hingga ketika satu bagian sahabat tersakiti kita pun akan merasakan deritanya. Bila hati penuh nista, sahabat pun serupa, suka menebar angkara dan tak ragu berpautan dalam dzalim. Dan bila hati sebening embun, maka persahabatan pun akan seharum semerbak kasturi, kekal bak prasasti di taman hati hingga kekal ke taman firdaus. Tak ada persahabatan yang indah dan jujur selain hanya ingin berukhuwah karena Allah (Quote by Viana Akbari)

Juara 2 (Harmoni Dalam)

LOMBA
Persahabatan itu, bukanlah tentang bilangan matematika yang bisa dihitung nilainya. Tapi, ia merupakan ilmu pasti untuk mendapat kebahagiaan dalam pergaulan kehidupan. Persahabatan juga bukan tentang menerapkan prinsip ekonomi, tapi saling memberi tanpa memandang rugi atau laba. Persahabatan adalah ‘sejarah’ yang selalu berproses dan berkembang seiring waktu. Ia layak dikenang sepanjang masa, selamanya..!
[SantiArtanti]

Juara 3 (Kau)

LOMBA
Jikalau saya seorang presiden maka kubentuk sebuah DEPARTEMEN PERSAHABATAN yang membawahi beberapa bidang.
Bidang Konstruksi = Persahabatan yang membangun arti sebuah kerja keras.
Bidang Pertambangan = Persahabatan yang bertujuan untuk menggali potensi yang tersembunyi menjadi sebuah kilauan kesuksesan
Bidang Ekspor-impor = Persahabatan sejati harus selalu ekspor-impor ilmu, nasehat, pengalaman dan saling menguatkan.
Bidang Kehutanan = Persahabatan yang saling menuntun dan mengingatkan disaat tersesat dalam rimba hutan perjuangan.
Bidang Ketahanan sosial = Persahabatan yang memberikan imunitas dikala jiwa terasa kalah dari kompetisi manusia.
Bidang Hortikultura = Persahabatan yang bersama memanen buah di kebun hortikultura kehidupan.
Bidang Neraca Arus Dana = Dan saling berbagi tentunya (minimal berbagi doa untuknya hehe). Laksamana Yuda Citra Handika

Juara Harapan 1 (Pulsa dari Santi Artanti)

LOMBA.
Rini Bee Adhiatiningrum LOMBA.
Pagi ini, secangkir cinta kupersembahkan…
Perpaduan bubuk damai…
Manisnya persahabatan…
Serta krim kesabaran…
Selamat menegak kebahagiaan dari cangkir cintaku..
Hanya untukmu..🙂

Juara Harapan 2 (Pulsa dari Arul Chandrana)

LOMBA.
Persahabatan yang indah, menurutku, seperti pertemuan kau dan aku di BAW ini.
Kita ada untuk saling menyemangati
Saling mengkritisi agar tulisan menjadi lebih indah, berhikmah, dan meninggalkan jejak di hati
Persahabatan adalah saat kita tulus memuji
Bahagia ketika sahabat kita berhasil menembus media dan semakin eksis berkarya
Persahabatan adalah kesediaan kita memberi
Meski sekedar komentar tanpa tendensi berarti
Kau dan aku di sini.. sama-sama belajar tentang persahabatan yang saling menguatkan.
Agar kita sama-sama jadi penulis sejati.. Keep on spirit.. Be a good Writer:D ~Fathimatul Azizah~

***Selamat untuk para pemenang. Aku mengalah untuk kalian (pura-pura, padahal mengharap pangeran dari pulau bawean, he..hee). Dan Semangat berkarya.
***met milad bunda semoga keberkahan selalu menyertaimu, kemudahan segala urusanmu, Semakin banyak berkarya. Keep istqomah dengan berharap Ridho illahi.

Peserta Lomba dengan karya terbaik mereka kecuali karya yang ada di baris terakhir (212):
(+- 30 peserta grup BAW)

LOMBA.
Persahabatan itu bagai beningnya air, tulus murni tanpa nafsu menghalangi
persahabatan itu bagai denting harpa, menghibur, namun tak mengganggui
persahabatan itu bagai alam, mengajari namun tak menggurui
persahabatan itu bukan badut, karena tertawa bersama, bukan menertawai
persahabatan itu bagai jamu tradisional, pahit nasehat kebenaran tapi ditujukan untuk kebaikan
(quotes by anik nuraeni)

Anik Nuraeni Lomba.
Sahabat,Pada bulan yang kuhitungi hampir tak berbilang
Dan pada setiap matahari yang makin lapuk ditelan jaman
Aku hamburkan segala doa kebaikan padamu
Dan aku taburkan semua harapan keselamatanmu
Karena hanya dengan doa-doa,aku bisa balas seluruh kebaikanmu

Kawan, persahabatan adalah masalah ‘rasa’. Keinginanku adalah menyimpan nama-nama mereka dalam bingkai hangat persahabatan sepanjang masa. Tapi ada di antara mereka menurunkan derajatku hanya menjadi ‘teman biasa’. Apa dayaku selain berlapang hati menerima kemauan mereka? Harapku hanyalah, mereka sukses dengan asa mereka dan nyaman dengan pilihan itu karena diriku pun nyaman-nyaman saja.

[Mugniar]

Binta Almamba LOMBA. persahabatan itu seperti embun dan kilau matahari pagi hari. Embun yang memantulkan sepenuh sinar yang dia dapat tanpa korupsi. Membaginya pada semesta dengan pantulan yang menawan hati. sahabat yang indah adalah yang mampu memberikan inspirasi, mengambil inspirasi kemudian membaginya pada semesta, kemudian lantang berkata ‘aku mendapatkannya dari sahabatku’. (Bint@)
Amalia Dewi F LOMBA
Persahabatan itu lezat seperti rendang. Jangan dikira tidak ada saling tendang. Pasti ada, tapi selalu diakhiri dengan hati yang berdendang. Walau kerap berebut kacang. Tapi hati senantiasa riang. Semuanya akan selalu dikenang. Terutama saat saling mengoles wajah dengan arang. Yang ada di pantat dandang.

Sarah Amijaya LOMBA : Persahabatan, bukan sekedar rasa yang sudah mengakar. Karena persahabatan itu, tidak terikat pada jabat yang erat melekat. Tidak terekam pada terang siang maupun gelapnya malam. Bahkan tidak pula pada berapa banyak kesenangan dan tawa. Adalah persahabatan, sejati dari sesering untaian nama yang kau patrikan pada lantunan doa-doa.

Asni Ahmad Sueb ikutannnnnnnn

LOMBA

Persahabatan adalah nafas bagiku, denyut jantung dan detak nadi bagi kehidupanku, tanpa tali persahabatan seperti bayi yang tak dapat hasupan nutrisi dari rahim ibunya,penting bagiku untuk menjalani hidup dan kehidupan karena tanpa sahabat serasa hidup dalam lorong yang gelap

♥ Persahabatan adalah satu janji yang melekat di dalam hati. Tidak bisa ditulis dan tidak bisa di baca. Tak akan pudar karena jarak dan tak akan berubah karena masa. Ia berproses seperti buah yang lambat untuk menjadi masak. Saling memahami dan dipahami, saling mengerti dan dimengerti. Tidak ada sebuah paksaan di dalamnya. ♥

[Nyi Penengah Dewanti]

Dwi Aprilytanti Handayani LOMBA (rewrite atas instruksi Yth Dewan Juri Arul Chandrana ^_^) Persahabatan itu seperti santan makin tua umurnya makin kental dan lezat, di lain hari dia mirip ayam goreng crispy gurih di luar lembut di dalam… jadi, persahabatan ternyata mirip makanan, yang bergizi membuat kita percaya diri, yang meracuni menyebabkan tersakiti

Bunda Kun Lomba : Persahabatan itu seperti rumpun bambu. jika bersama dan tertiup angin akan menjadi musik yang berirama. Jika sendiri tak akan bisa berbunyi. JIka terpisah, akan mudah patah. Mereka yang mencuat harus rela dipangkas, agar rumpun tetap bernafas. Akar bersama mengikat diri, menahan air agar tidak bikin erosi. Dipadang dari jauh, rumpun bambu terlihat teduh.

Dian nafi,Lomba. persahabatan layaknya mentari terbit setelah yelda. meski lelah, takkan habis cinta dimakan masa. takkan musnah kasih dimakan usia. setia tanpa syarat hingga akhir hayat.

*met ultah ya….semoga makin bersinar, makin cemerlang:))

Mamah Ghulam Itu Linda LOMBA.
Ketika surya memudar di tepian senja, ingatan tentangmu menyeruak.
Sebongkah rindu mengudara.
Katamu, indah senja serupa dengan persahabatan kita.
Damai.
Lembut.
Tulus.
Kuingat betapa lengkung senyum sabitmu yang selalu manis dalam setiap keluh kesahku, juga derai tawaku.
Karena bagimu, selalu ada riang dalam murung, dan tetap berdendang meski terhuyung.
Kau selalu menyediakan diri untuk segala duka, luka, jua bahagia.
Dan, setelah jarak merenggangkan raga, desau angin membawa bisik lirihmu dalam rapal doa untukku.

Rifka Fatmawati LOMBA.
Persahabatan itu tercipta bukan karena kita telah mengenal sekian lama. Ia terbentuk sempurna, saat kita bersedia luangkan waktu untuk menjadi pendengar setia ketika ada yang ingin berbagi kisah. Persahabatan ada, saat kita rela memasok semangat cinta ketika kau atau aku sedang sedih dan lelah. Sikap rela itu tak butuh bilangan waktu yang lama. Ia datang dengan sendirinya, bahkan meski kita belum pernah bertatap muka. Seandainya persahabatan itu masuk nominasi 7 Keajaiban Dunia, aku akan memilihnya ^_^

You AndWe LOMBA
S A H A B A T
Selalu adakah dirimu dalam setia, sabar, santun, sejuk, semangat, sejuta rasa menatap hari walau cuma seulas senyum?
Alpha itu selalu melekat padaku sebagai manusia maka ingatkan aku, sobat!
Hati jadilah temanku yang selalu mendekatkanku pada Yang Maha Kuasa kar’na sungguh aku paling takut kehilanganmu bersama-NYA.
Akankah aku bisa menjadi sahabat terbaikmu?
Berusaha belajar terus dalam memahami kebaikan dan kesabaran itulah kesetiakawanan.
Asa kepada Yang Maha Satu untuk meraih syurga sebagai labuhan terakhir mengarungi suka duka kehidupan meski terpisah jarak dan waktu.
Tetapkan dalam langkah kita di dalam taat dan taqwa pada ALLAH Ta’ala ‘kan selalu kuiringkan dalam doa sebagai saudara sesama muslim yang takkan tersekat lapisan generasi…
SEMOGA jalinan ini berkekalan karena ukhuwah hanya mengenal awal namun tak berkesudahan…

Dwi Rahmawati LOMBA
Parasmu tak selalu membayang pada tiap wajah yang kupandang. Kuntum-kuntum senyummu, bukan klausul tunggal atas rangkum ceriaku. Pun hangat yang membebat, bukan karena semata kau yang terhebat. Kita bersahabat, orang dekat yang tak harus tahu segala ratap dalam curhat.
Teduh pernah merengkuh kita bersama di bawah bayang cemara yang pucuknya kencang tertiup angin. Dan aku berbisik, “bersiaplah, suatu saat mungkin semilirnya akan menguarkan aroma satir atas persahabatan kita yang jumawa!”
Pada masa yang entah, aku tak akan pernah bosan membingkaimu dalam kenang yang lembut. Suatu masa yang entah itu, di mana kisah klasik kita kau kata usang, sebenarnya telah kupahat jasadmu yang pergi itu pada rasi gemintang. Ya, sebab pernah kita bersahabat, maka ijinkan aku tetap memintamu berkilau pada tiap rentet doa dari hatiku yang renjana.
Oh, lebaynya, tetapi percayalah, karena sahabatmu ini bukanlah seorang alay.

Eric Keroncong Protol LOMBA
Serangkai kegiatan telah nyata dalam kehidupanku. Jemari-jemari manisku menari dengan lentiknya. Semua berawal dari sini, merangkai dengan kata-kata, berhias otak-otak yang cemerlang. Seiring berjalannya waktu, aku akan membuktikan bahwa perjuangan merangkai kata sudah di depan mata indahku. Tak perlu kecewa, apapun yang bakalan terjadi. Dunia boleh maya. tulian kita tetap satu tujuan, mencerdaskan bangsa.

Zukhruf El Habibah LOMBA.Sahabat itu ibarat sepasang sepatu..dia akan klihatan serasi ketika berdiam dalam satu barisan menuju langkah kehidupan. Adakalanya akan ada perbedaan tapi itu membuat ritme hidup makin berjalan.Iapun tak bisa berjalan sendirian,karena akan hilang fungsi dan keindahannya sebagus apapun model dan warnanya.Ia juga perlu rasa saling menghormati posisi, adakalanya satu didepan satu dibelakang, dan adakalanya berjejer manis dikaki sang penyayang.

Leyla Imtichanah Sori lupa. Anak nangis pula. Hadeeuuu…
(LOMBA)

Namun, kami tetap tegar meski sering dizalimi. Dan aku menjadi kuat bersama sahabatku itu.

Ketika SMP, aku bahkan punya satu geng cewek, berisi 5 orang anggota. Wah, seru punya banyak sahabat. Meski tak jarang bermusuhan.

Saat SMA,sahabatku lebih banyak lagi.Berkat kebersamaan dgn mereka, aku bisa merangkai kata menjadi sebuah novel persahabatan: oke, kita bersaing!

Saat kuliah, aku punya banyak saudara seiman seislam, tapi aku punya seorang sahabat yg jalan hidupnya hampir sama dgnku. Bahkan, saking miripnya, kami suka menebak apa yg kira-kira bakal menimpa kami, setelah dialami salah satu dari kami.

Aku menyebut dia; Twin mate. Kembaran Jiwa.

Karena dia, sahabatku, bagaikan kembaran jiwaku. Tanpa kuberitahu apa yg sedang kurasakan, dia mengetahuinya. Dia memahamiku melebihi aku memahaminya. Dia menemaniku kala tak ada yg berteman denganku. Dialah sahabatku.

Sayang, kini kami terpisah jarak.

Tapi, aku tetap punya penggantinya kok.

Dia, tak lain tak bukan,

Komputerku.

Oci Ym LOMBA

Apa yang bisa membuatmu merasa kaya?. Bagiku, kekayaan bukanlah sebatas pada kondisi bergelimangan materi. Kekayaan lebih pada kondisi dimana kita merasa dikelilingi oleh orang-orang yang mencintai kita dengan tulus, juga menawarkan berbagai persahabatan.

Persahabatan. Bagaimana tidak indah, jika ada seuntai benang merah yang mampu menautkan hati kita. Menjadikan kita memiliki rasa kepedulian yang menghadirkan empati, berbagi, memuji, bahkan mengingatkan.

Sungguh aku tidak mampu membuat sekat antara persahabatan pada orang yang pernah dan bisa aku temui kapan saja, dengan orang-orang yang hanya mampu aku dengar suaranya, pandangi wajahnya lewat jepretan kamera, dan angan dapat bersua.

Bagiku semuanya warna, seperti pelangi yang indah. Selalu menghadirkan percik rindu yang kadang membuncah seperti air bah. Lalu bagaimana aku harus tuliskan kata, rangkaikan kalimat hanya dalam batas aksara?.

Mariana Janis LOMBA. Persahabatan itu seperti hutan lindung,sesama sahabat dilarang saling membabat. Persahabatan itu ibarat pelangi saling mewarnai melengkapi warna kehidupan. Persahabatan itu bagian dari perjalanan kehidupan yang saling dukung dan mendoakan. Seorang teman konyol mengungkapan persahabatan itu ibarat ngompol di celana kehangatannya tak tampak namun kita dapat merasakannya. namun bagiku persahabatan adalah bagian dari nafas kehidupanku, Allah telah mengirimkan beribu-ribu tangan yang tak tampak namun sangat terasa menguatkan hatiku yang sering rapuh. Sahabat tak hanya ada di dunia nyataku namun juga di dunia yang dihubungkan berjuta-juta kabel dan pulsa,sungguh ku tak tahu jika di dunia ini tak ada yang namanya sahabat,duniaku hanya seperti kertas yang hanya diisi tinta hitam yg monoton tanpa warna pelangi di atasnya, terima kasih sahabat…

LOMBA.
Persahabatan.
Apa yang menurut kalian indah dari sebuah kata itu?
Adakah yang tahu lebih dalam maknanya?
Tentu tidak kan? Tiap jiwa akan berbeda, pasti.
Semua orang mengagung-agungkan, terkadang melebihi apapun.
Apakah mata tlah buta? Telinga tlah tuli bahkan hati tlah tak berasa.
Persahabatan, slalu saja menjadikan tawa dan tangis tak terbedakan.
Aku muak, aku benar-benar muak dengan persahabatan.
Persahabatan slalu tinggalkan kenangan.
Kenangan yang slalu meluluhlantakan hati.
(Tulisan tak berarti~tapi akan berarti pada saat saat yang berarti~by: 212)

2 thoughts on “Ungkapan Persahabatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s