Mengajarkan Anak Cinta Shodaqoh

Mengajarkan Anak Cinta Shodaqoh
oleh: harjanto dc

Anak adalah karunia yang tak terkira, yang di berikan oleh Allah untuk dididik menjadi muslim yang sholeh dan sholehah. Salah satu caranya adalah mengajarkan bagaimana anak-anak mengenal dan cinta kepada orang lain yang sangat membutuhkan dengan shodaqoh.

Seringkali merasa iri menyaksikan seorang anak kecil yang begitu pemurah kepada peminta-minta atau fakir. Karena disisi lain, sering mendapatkan anak sendiri begitu ‘hemat’ alias tidak suka berbagi kepada orang lain. Sebaliknya, karena sebagai orangtua membiasakan agar anak-anak terbiasa memberi sebagian nikmat yang mereka dapatkan kepada yang membutuhkan, tentu merasa kesal jika melihat anak lain yang pelit.

Orang tua sangat berperan penting terhadap perkembangan atau pendidikkan anak, langsung maupun tidak langsung sifat dan karakter anak-anaknya, akan dominan ke segi positif atau negatif.
Pendidikkan anak sejak dini secara langsung, dan tentunya dilakukan secara sengaja dengan melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat kepada anak. Sedangkan, yang tidak langsung, biasa dilakukan anak dengan meniru orang tua dan orang-orang yang ada di sekitarnya. Buatlah ruang sekitar anak dengan perilaku dan kehidupan yang baik, sehingga anak-anak pun akan menjadi lebih baik. Uniknya, tidak sedikit orang tua yang tidak menyadari kalau perilakunya ditiru oleh anak, dan akan memberikan dampak pada perilaku anak.

Melatih anak agar cinta dengan orang lain (cinta shodaqoh), tentu menjadi hal yang relatif mudah, ketika orang tua terbiasa berbagi dengan orang lain. Dalam berbagai kesempatan bisa mengajarkan si kecil menjadi pribadi yang pemurah dan sayang kepada orang lain, agar perjalanan menuju kedewasaannya tetap terlatih dengan sifat pemurahnya.

Ada sebuah hadist yang sudah biasa terdengar di telinga. “Sebaik-baik kalian adalah yang paling banyak manfaatnya untuk orang lain.” Hadist itu menyuruh untuk senantiasa berbuat baik kepada orang lain. Dan bagaimana ketika ingin anak menjadi pribadi yang bermanfaat, dan mengajarkannya mencintai orang lain dengan senantiasa bershodaqoh kepada orang lain. Ada beberapa hal yang bisa orang tua ajarkan kepada anak-anaknya dari usia dini:
1. Dari Tangan Anak biasakan memberi shodaqoh kepada orang lain dari tangan anak-anak.
2. Infak di Masjid
3. Berbagi Makanan
4. Makan Bersama Teman di Rumah
5. Menabung untuk si Fakir
6. Saling Hantar Makanan dengan Tetangga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s