FLASH BACK TO SANGIRAN

FLASH BACK TO SANGIRAN

Oleh : Harjanto dc

Sebuah perencanaan keluarga pelangi. Silaturahim setahun 4 kali ke salah satu keluarga pelangi. Kali ini jadwal ke-dua tahun ke-dua semenjak terdeklarasikannya PELANGI januari 2011 lalu. Setelah 3 bulan lalu mengunjungi paman GAJAH MUnGKUR di wonogiri, sekarang kita menuju masa lalu dari teori EVOLUSI-DARWIN. Dan tahun kedua ini, tidak hanya keluarga pelangi tapi keluarga KACAMATA Studio juga. Silaturahim jatuh ke GONDANGREJO, kalau ga salah perbatasan Sragen-tina dan SOLO deh, ke daerah di bagian utara kota Solo. Ke rumah salah seorang penulis buku yang berjudul “PERMEN-PERMEN KASTIL LOLLI”(beli bukunya Ya! Terbitan TIGA SERANGKAI SOLO). Yup. Kak Diah C mut, kakak PELANGI yang paling Imut, dan pengasuh kelas membaca “ANAK HEBAT” Pelangi di jl. Lurik, Ngruki, Grogol Sukoharjo (Depan Arafah Square Toko Buku)~(Promosi: yang punya anak usia bawah TK atau TK atau SD, yang ingin les baca bisa datang dan daftar ke Markas).

Sebuah perjalanan panjang dan keputusan dari rapat-rapat dadakan, akhirnya dengan berat hati tercetuslah sebuah penaggalan masehi, jatuh tepat pada 17 mei 2012. Hari kamis. Dan hari libur (bagi yang libur). Tentunya keputusan ini adalah penyelamatan, karena rencana awal yang gagal. Yaitu 6 mei 2012. Tapi tidak masalah, yang namanya keluarga pastinya selalu dikompromikan. Terbuka, tiap kali menyelesaikan permasalahan.

Tak semua keluarga hadir, termasuk aku yang awalnya tidak bisa hadir. Tentunya ada urusan yang tidak dapat ditinggalkan dan ada juga yang sakit (cepet sembuh ya! Kami sayang padamu…). Dari semua anggota yang hadir adalah : Alib-ISA (Pemilik Kacamata Studio), NU-NU (Manager Kacamata Studio), NuNG-MA (Salah satu Super TWIN dari Gajah Mungkur), Young Mood (yang slalu ugalan-ugalan), Mas TYo (karanganyar selalu jadi kenangan, tantang puisi terindahnya), and Aku (Siapakah Aku ?) aku yang datang paling akhir, karena mau buat kejutan….

Sedang anggota yang berhalangan: mb. Santi (sibuk dengan kuliahnya) Mb. Nury Akira and Mb.Amrih (sedang menjaga generasi pelangi), Papah CasoFa- F and Danar (Mudik ke kampung halaman), Kak Ayu (lagi sakit:semoga udah baikan), bu dosen Eka dan bu Eni (lagi sibuk ngajar: padahal tanggal merah), Sururi (Kampus-kampus), El Durra (acara keluarga), mb. Erni (kejar dateline), siapa yang belum terabsen, yup satu kakak yang selalu di Sidoarjo (AVISA: pulang ya!).

Sudah cipika-cipiki dan absennya. Kembali ke acara silaturahim, karena datang paling akhir, dan sempat nyasar-nyasar mencari sebuah alamat yang sangat asing. Akhirnya toh ketemu, setelah tanya-tanya orang. Sebuah rumah sederhana dengan warna kesayanganku (Pink). Menghadap ke utara di tepi jalan Solo-Purwodadi km 7. Jam sudah menunjukkan pukul 10 siang, dan agenda selanjutya adalah makan siang. Sebuah menu yang disiapkan adalah prasmanan, pesan, ambil dan makan sendiri-sendiri di sebuah warung makan di dekat palang sepur pasar Gondangrejo.

Tepat pukul 11.30 dan sebentar lagi masuk waktu dzuhur, segera melakukan perjalanan ke situs purbakala SANGIRAN. Tadinya rencanaku hanya sampai makan siang, karena jam 2 harus sampai klaten kota. Sesuai perhitungan normal tenggang waktunya adalah 2 jam. Tapi hati tak ingin segera pisah dengan my family.

Setelah sholat dzuhur selesai, aku antarkan kepergian mereka sampai pintu gerbang SANGIRAN. Yang tak jauh dari rumah C Mut, hanya 3 km dengan naik motor(mungkin lebih). Dari masjid sampai pintu masuk hanya 15 menit. Tepat sampai masuk gerbang Sangiran 12.40 menit. Rencana ingin foto di depan pintu gerbang, malah membuang tiket masuk sia-sia 7000 rupiah dan parkir 2000 rupiah (padahal buat makan saja, kenyang banget,,.he..hee). dan akhirnya sebelum aku kembali ke Klaten, sempat foto dengan my family PELANGI dan KACAMATA Studio.

PELANGI adalah warna dari tiap anggotanya, selalu ada warna yang mencerahkan dari setiap kejadian yang ada dalam menuju kedewasaan.

***

Rekor lagi SANGIRAN-RSI KLATEN 1 jam 5 menit. Padahal habis beradu dengan avansa dan truck pasir, tapi tak pernah kapok ugal-ugalan. Alhamdulillah, Silaturahim dapat, kewajiban dapat dan tidak terlambat beribadah.

Sampai berjumpa di silaturahim berikutnya : GO TO LAWU RESORT.

Klaten, 29 Mei 2012

3 thoughts on “FLASH BACK TO SANGIRAN

  1. Lani Diana

    Kak dwi ke sangiran???

    aku ke sangiran lebaran taun kemarin, hehehe. paling suka pas bli oleh2, ada kalung, gantungan, dll.

  2. Pingback: Mutiara Cintaku | mutiaramutiaracinta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s