17 hari mengejar cinta

17 hari Mengejar Cinta
Oleh : Harjanto dc

Hari ini lembar pertama di bulan Agustus. 17 hari mengejar cinta. Tak ingin kalah membuat sebuah catatan dari judul film 30 hari mengejar cinta. Ramadhan ke 12, pintu rohmat telah tertutup. Menuju kedua pintu yang lain dan endingnya adalah Ar royan bagi yang mencapai tingkatan tertinggi, TAQWA.

Ramadhan menyisakan sebuah tangisan untuk orang-orang yang beriman dan meninggalkan keceriaan bagi orang-orang yang tak mengharapkan ramadhan datang. Apa yang sudah diperbuat, amalan istimewa yang akan menempatkan satu posisi disisiNya. Ataukah malah sebaliknya, melipatgandakan amalan menuju Neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu.

Bagaimana untuk mendapatkan sebuah cinta tertinggi dihadapan Allah?

Managemen Hati. Qolbunsalim. (QS Asy Syuara’ ayat 88-89). Sesungguhnya dalam diri seorang manusia ada segumpal darah, dimana jika segumpal darah itu baik maka baik pula seluruh tubuhnya, dan jika segumpal darah itu buruk maka buruk pula seluruh tubuhnya. Dialah ‘HATI’. Segala bentuk penyakit ada di dalamanya. Dan yang mempengaruhi keimanan seseorang juga hati.

Ketika orang sakit, dokter selalu menyembuhkan fisik bukan hatinya. Padahal ketika dilihat atau dipelajari lebih dalam, segala macam penyakit berasal dari hati. Hati memiliki peranan besar dalam kesembuhan suatu penyakit. Penyakit berasal dari Allah dan akan sembuh pula jika mendekatkan diri pada Allah, tentunya dengan sebuah ikhtiar (usaha yang sungguh-sungguh).

Beberapa penyakit hati :
1. Riya’
Riya’ bukan hanya sekedar ingin dipuji orang lain. Lebih dari itu. Orang-orang golongan munafiqun akan sering melakukan penyakit ini. Dan jangan sampai orang yang beriman takut terjebak Riya’ ketika membenarkan syari’at.

2. Prasangka
Prasangka itu seperti halnya terlalu sensitive, ketika ada 2 orang yang lagi berbincang, selalu berpikiran kalau lagi membicarakan si A. Prasangka akan menjadikan diri seorang manusia sakit. Sakit yang sulit untuk disembuhkan, kecuali dengan membenahi hati.
Masih banyak penyakit hati, tapi 2 contoh di atas insya Allah yang sering terjadi di masyarakat.

Semua amal perbuatan manusia tergantung niatnya (Muttafaqun ‘alaih). So, benahi niat setiap saat. Niat seorang yang beriman lebih baik daripada amalnya, amal seorang munafiq lebih baik daripada niatnya. Niat adalah urusan hati. Sehingga antara niat dan hati saling bersinggungan.

Bagaimana menyembuhkan hati?
Kata Opick dalam lagunya ada 5, tapi yang mendasari kelima itu adalah Dzikrullah. Berdzikir, menyebut asma Allah dari lisan maupun hati. Kemudian membaca Al Qur’an, seperti yang di firmankan Allah dalam surat Al Anfal ayat 2.
Nah, mari kita berusaha menata hati untuk setiap amalan, menata hati untuk senantiasa mengharap cintanya Allah. Masih ada 17 hari untuk menggenggam cinta Allah, dan menuju tingkat keimanan tertinggi, TAQWA. dan bersedihlah saat ramadhan kian hari terkikis oleh peredaran bulan. Apakah pasti Allah akan menetapkan ramadhan berikutnya pada kita?

Semoga bermanfaat ^_^
*Silahkan buka Al Qur’an, baca dan tadaburi ayat-ayat diatas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s