Managemen Waktu

Managemen Waktu

By : Harjanto dc

Apakah aku memang terlalu keras terhadap mereka. Selalu berusaha untuk sempurna dan memaksa mereka sempurna karena sebuah kekecewaan atau kekhawatiran akan jadi apa mereka nantinya? Tapi, bukan itu mestinya yang menjadikan tekanan pada hati mereka. Menjadikan orang lain atau orang-orang yang kita cintai menjadi lebih baik bukankah itu harus.

Sebait kata dari ketua yayasan Permata Cendekia beberapa waktu lalu, “Jangan puas dengan keberhasilanmu sendiri, jika tidak bisa menjadikan orang lain berhasil melebihi kita. Dan jangan puas dengan prestasi yang kamu dapatkan hari ini, sebelum kamu bisa menjadikan orang lain lebih berprestasi darimu.

Kembali mengutip sebuah hadist, “sebaik-baik kalian adalah yang paling banyak manfaatnya untuk orang lain.”

Senantiasa menjadi orang yang selalu bermanfaat. Kita tidak pernah tahu sampai batas apa Allah memberi kesempatan kita di dunia ini. Manajemen waktu sangat dibutuhkan. Jangan sampai waktu terbuang sia-sia untuk sesuatu yang sia-sia pula.

Aku hanya berusaha mengajarkan pada mereka arti segenggam waktu. Kata Imam Ghazali, apa yang paling jauh dari hidupmu? Jawabnya adalah waktu yang sudah terlampui. Karena waktu itu tidak akan pernah kembali. Lalu, bagaimana kemudian kita menyikapi semua itu?

Orang yang beruntung adalah hari esok lebih baik dari hari ini dan hari kemarin. Selalu berusaha memperbaiki diri. Memantaskan agar Allah sandingan dengan yang pantas bersanding dengan kita.

Waktu yang kita miliki adalah hari ini, maka manfaatkan apa yang ada didepan mata dengan sebaik mungkin. Waktu kemarin bukan milik kita untuk disesali, dan waktu esok adalah milik Allah, hanya sebuah perencanaan yang dapat kita buat. Dan sebaik-baik penentu adalah Allah.

Aku tidak pernah memaksakan kepada mereka, namun tetap harus menjadikan mereka lebih baik dari hari ke hari…

4 thoughts on “Managemen Waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s