Wisata Edukasi Anak Cendekia

Wisata Edukasi Anak Cendekia

Wisata Edukasi Anak Cendekia merupakan salah satu suplemen untuk anak asuh program Beasiswa Terpadu yang berupa kegiatan belajar di alam dalam kemasan yang menyenangkan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pembangkit semangat bagi anak-anak setelah menikmati liburan semester. Disamping itu diharapkan pula dapat menjadi sarana untuk lebih mendekatkan rasa persaudaraan antara yang satu dengan yang lain. Suplemen kali ini adalah kunjungan ke Museum Kars Indonesia yang berada di Pracimantoro, Wonogiri. Wisata Edukasi ini diikuti oleh sekitar 47 anak dari berbagai jenjang sekolah. Alasan pemilihan obyek ini selain karena letak yang cukup dekat, obyek ini terhitung memiliki perbendaharaan pengetahuan yang luas. Dapat dikatakan berwisata sekaligus belajar mengenal alam.

Bangunan dengan bentuk unik telah menyambut begitu memasuki pintu gerbang museum. Sekilas bentuknya terlihat seperti piramida di Mesir, beratap runcing serta terdapat beberapa anak tangga guna menaikinya. Museum Kars adalah museum kebanggaan masyarakat Wonogiri. Ini merupakan museum terunik di Indonesia. Berlokasi di kawasan perbukitan Gamping, semakin menambah daya tarik museum, karena Kars memiliki pengertian wilayah yang terdiri dari batuan yang mudah larut seperti batu gamping. Museum ini berisi tentang Kars di dunia, macam-macam batu gamping, kehidupan sekitas kars dan banyak hal seputar kars.

Di sekitar museum terdapat beberapa gua yang keberadaannya juga masih berkaitan dengan fungsi museum. Ada tiga manfaat yang dapat dirasakan ketika mengunjungi Museum Kars, yaitu pendidikan, rekreasi, sekaligus menjaga keberadaan situs atau fungsi lindung.

museum Kars

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s