s=vxt

s=vxt
by : harjanto dc

Jarak adalah kecepatan berbanding lurus dengan waktu. Jarak bukanlah hal yang kemudian mengendurkan semangat dakwah. Justru orang-orang yang kemudian istiqomah di jalanNya akan menjadikan rintangan atau ujian sebagai buah dari ke istiqomahan. Karena istiqomah tidak bisa didapatkan dengan berdiam diri. Namun, didapatkan dengan berusaha atau berproses dalam setiap aktivitas yang ada.

Kata Imam Ghazali, apa yang paling jauh dari hidupmu? Jawabnya adalah waktu yang telah terlampaui/ditinggalkan. Siapa yang bisa memutar waktu kecuali Allah. Manusia tidak akan pernah bisa kembali ke masa lalunya. Jadi sebisa mungkin bagaimana kemudian memanfaatkan waktu yang telah diberikan oleh Allah kepada kita. Bukankah sebaik-baik kalian adalah yang diberi umur panjang oleh Allah, dan paling banyak amalnya.

Kemudian apa yang paling dekat dengan hidupmu? Jawabnya kematian. Setiap anak adam yang terlahir ke dunia telah diikuti dengan takdir kematiannya. Namun, bagaimana kemudian manusia itu memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik mungkin. Mencari bekal sebanyak-banyaknya di dunia untuk menuju negeri akherat yang kekal. Siapa pun tidak tahu kapan dan dimana malaikat mautnya akan datang. Untuk itu berdoalah agar Allah menjemput dalam keadaan baik.

Penjelasan tentang istiqomah dalam surat Fushilat [41] : 30-32, bahwasannya ada 3 pelajaran yang dapat diambil : pertama janganlah engkau takut dengan masa depanmu, karena Allah selalu bersama orang-orang yang istiqomah. Kedua janganlah khawatir atau sedih dengan masa lalumu, sebab masa lalu orang-orang yang beriman insyaallah penuh kebahagiaan dan ketiga adalah optimis, karena Allah dan RasulNya adalah sebaik-baik penolong.

Saudaraku yakinlah akan waktu yang akan terus membersamai sampai ruh terlepas dari jasadnya. Sampai tetes darah terakhir yang engkau keluarkan dalam jihadmu. Sebaik-baik jihad adalah mengatakan kebenaran di depan pemimpin yang dholim.

Ini adalah hari pertama di bulan pertama hijiriyah, catatan amal setahun yang lalu telah Allah tutup. Diganti dengan kitab kosong untuk setahun ke depan. Apa yang sebaikan dilakukan, apakah akan terus menjadi manusia merugi dengan tidak muhasabah diri. Hisablah dirimu sebelum Allah akan menghisab di hari perhitungan kelak.

Allah telah menjamin atau menjadikan kita umat terbaik (Ali Imran [3]: 110), dan lalu bagaimana kemudian berusaha menjadi bukti konkrit dari ayat tersebut. Hidup adalah pilihan, seperti hal nya surga dan neraka. Semua tergantung dari apa yang kita lakukan sekarang, bagaimana kita menguasai waktu 24 jam yang diberikan oleh Allah. Semua manusia dengan waktu yang sama, hanya berbeda dalam pemanfaatnya saja.

Semoga kita termasuk hamba Allah yang pandai memanfaatkan waktu.[]

2 thoughts on “s=vxt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s