Jalan keistiqomahan

Jalan keistiqomahan

by : Harjanto DC

Memulai sesuatu dengan managemen waktu yang baik serta menjadikan keistiqomahan dalam menuju taqwa. Siapa pun tak pernah tahu kapan waktu terakhir udara akan mengalir di paru-paru serta peredaran darahnya. Yang ada hanyalah rasa selalu yakin kematian pasti akan menyapa. Tidak sekarang mungkin lusa. Dan manusia hanya dapat mempersiapkan diri dengan kebaikan-kebaikan.

Jalan menempuh keistiqomahan, pertama adalah memepelajari dien atau islam secara kaffah (menyeluruh). Dengan mempelajari islam tidak setengah-setengah maka tidak akan mudah terombang-ambing dengan ujian dan cobaan serta gangguan dari orang lain.

Kedua, taqqarub, senantiasa mendekatkan diri pada Allah. Selalu yakin Allah melihat serta memperhatikan apa-apa yang dikerjakan. Tidak ada tempat diamnapun yang Allah tidak melihatnya. Bagaimana mendekatkan diri pada Allah? menjalankan perintahnya dan menjauhi laprangannya.

Ketiga, berteman dengan orang-orang sholeh. Dengan siapa berteman maka akan terlihat bagaimana orang itu. ketika berkawan dengan orang-orang sholeh maka senantiasa akan teringatkan tentang kebaikan. ketika hendak berbuat maksit atau melenceng dari koridor maka akan ada yang mengingatkan. bukan berarti tidak boleh berteman dengan orang yang tidak baik. Boleh-boleh saja berteman dengan orang yang tidak baik, asalkan ada niatan dalam hati untuk memperbaiki atau mengajak kepada kebaikan. Inyaallah dengan niat ini, Allah akan selalu menjaga keimanan.

Keempat, membaca atau mencari tauladan orang-orang terdahulu. Mengambil pelajaran dari kisah-kisah yang telah disematkan dalam Al Qur’an. Bahkan sebelum islam pun telah banyak contoh dan pelajaran yang bisa diambil dalam meningkatkan keimanan kepada Allah. Misalkan kisah nabi ibrahim, kisah nabi yusuf, kisah masyitoh, ataupun tentang Rasulullah suri tauladan yang baik serta sahabat dan orang-orang besar yang namanya tertulis dalam sejarah.

Dalam meniti jalan dakwah, dalam menggapai keistiqomahan maka pastinya Allah akan memberi ujian pada setiap manusia. maka akan mendapatkan buah dari keistiqomahan.

https://mutiaramutiaracinta.wordpress.com/2014/10/22/istiqomah/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s