XIE XIE NI DE AI ~ MELL SHALIHA

Judul buku : Xie Xie Ni De Ai
Pengarang : Mell Shaliha
Penerbit : Diva Press
Tahun : 2011
ISBN : 978-602-978-592-0
Cetakan : Cetakan I Oktober 2011, Ke-2 Desember 2011,
Harga : Rp. 44.000,00

Tokoh : Ale (Alenia Fathmawati), Chelsy Tsang (Tsang Hoi Yi), Daniel Yim (Yim Fung Lai), Zie Leung (Leung Chin Wai), Aanon Yan (Yan Aa Lun), Selina Tam (Tam Siu Mei), Ryu (Yamada Ryuzaki), Maki (Makita Nagasawa), Raymond Tsang (Tsang Chun Yin) dan Dahe (Odagiri Dahe)

Novel ini bercerita tentang cinta-kesetiaan-kejujuran-keluguan-kepatuhan-persahabatan-perselisihan yang masing-masing dimainkan oleh tokoh pendukung untuk menjadi balutan kisah pelik. (pengantar Joko Gesang Santoso, pengamat sastra, cerpenis dan penyair dari yogyakarta)

Dan saya sangat setuju dengan kata-katanya. Mungkin di awal baca atau saat kita baca judul ataupun sinopsisnya akan begitu terasa biasa. Buruh migran dan percintaan. Namun, seiring lembar demi lembar, bab ke bab lainnya akan kita dapati betapa luar biasanya novel ini dalam menggugah mental remaja bangsa ini.

Berkisah tentang seorang pembantu rumah tangga yang bernama Ale (Alenia Fathmawati) seorang buruh migran dari Solo yang ingin mencari kesuksesan di negeri orang. Berkreativitas tapi tetap mempertahankan prinsip agamanya. Berjuang mendapatkan majikan yang ‘mengorangkan manusia’. Akhirnya seiring perjalanannya dipertemukan dengan keluarga Mr. Tsang, keluarga yang sangat baik dan memberikan kelonggaran sepenuhnya kepada Ale.

Di Hongkong, Ale tinggal bersama anak majikannya, Chelsy namanya. Karena Mr. dan Mrs. Tsang serta Rey (Adik Chelsy) tinggal di Kanada. Hubungan Ale dan Chelsy bukan seperti hubungan pembantu dan majikan tapi lebih ke persahabatan dan bahkan seperti saudara kandung.

Chelsy seorang mahasiswi di HK PolyU, dan memiliki sebuah tim debat yang bernama Part Five. Part Five sesuai dengan namanya beranggotakan 5 orang, yaitu 2 cewek dan 3 cowok, Shelina, Chelsy, Aanon, Zie, dan Daniel. Mereka satu fakultas komunikasi namun beda jurusan, dan Daniel adalah kakak tingkat mereka.

Dengan keberadaan part five yang selalu kumpul di rumah Chelsy menjadikan Ale selalu sosialisasi dengan ke empat temen majikannya. Dan sejak saat itulah kisah yang rumit dimulai. Aanon yang pendiam, Zie yang ceplas-ceplos kalau bicara, Daniel kalem, Selina yang feminine dan chelsy yang selalu bersemangat.

Ada sebuah kesepakatan dalam Part five, bahwa tidak ada yang boleh PACARAN sesama anggota. Karena aturan itu, ada 2 orang yang tertekan Chelsy yang diam-diam menyukai Aanoon dan Daniel yang terus terang menyukai Chelsy. Namun, Aanon diam-diam menyukai gadis berjilbab.

Ale seorang pembantu, namun dia tak ingin pasrah dengan keadaannya. Muslimah yang selalu memegang teguh prinsip keislamannya dan sekreatif mungkin mengembangkan potensi dirinya dengan kuliah dan menjadi penulis sekaligus karyawan di Tabloid Sapa Indonesia.

Bergabungnya teman baru yang berasal dari jepang, yaitu Maki dan Ryu menambah cerita ini jadi lebih asyik dan kian rumit, yang tadinya hanya cinta segitiga menjadi cinta bersegi-segi, Maki dan Ryu diam-diam menyukai Aanon.

Namun, Maki sadar kalau Aanon hanya bersimpati kepada Ale, dan Maki pun tahu Chelsy dan Ryu juga menyukai Aanon. Akhirnya muncul ide jahat untuk menghancurkan persabatan yang ada di Part Five karena cemburu. Membuat Chelsy membenci Ale dan segera mengusir Ale dari rumah itu.

Disisi lain Aanon. Laki-laki yang pendiam ini awalnya simpati kepada Ale dengan segala aktivitas dan kesehariannya, namun hal itu justru menjadikannya mempelajari tentang islam dan akhirnya hijrah keyakinan. Dan semakin ia mempelajari islam, semakin jadi pula dia dapat meredam cintanya kepada Ale. Bahwa Aanon belum mampu menjadi soarang imam untuk Ale.

Dengan hijrahnya Aanon, menjadikan Maki, Chelsy dan Ryu kian benci pada Ale, persahabatan yang dulu ada berubah menjadi sebuah kebencian, setelah Chelsy terhasud oleh Maki tentang Aanon yang menyukai Ale.

Kemunculan seorang pemuda Jepang bernama Dahe, kian membuka tabir kejelasan tentang siapa Maki dan Ryu. Namun apa yang terjadi dengan persahabatan Chelsy dengan Part Five serta Ale? Cinta Aanon? Serta Maki, Dahe dan Ryu?

Untuk lebih jelasnya Baca bukunya….
***
Keunikan dari novel ini : Setting mendetail, hingga suasana di Hongkong mengalir dengan indah, dan karakter setiap tokohnya sangat kuat. Pesan yang di sampaikan pun sangat mengena. Kemudian, walaupun ada ayat dan ceramah seorang ustad namun tidak terasa menggurui. Dan karena yang menulis adalah seorang buruh migran juga, seolah itu adalah True story serta pembaca terasa di bawa ikut dalam cerita. Banyak menggunakan bahasa mandarin, Inggris, Jepang ada sedikit korea, serta diakhir-akhir cerita Nia menggunakan bahasa jawa, itu memperkuat kebudayaan yang ada.

Keunggulan yang lain dalam kurang dari tiga bulan, novel ini naik cetak untuk cetakan kedua.

Namun ada beberapa penulisan yang lolos editor, nama Maki yang menjadi Mika, ada beberapa di akhir-akhir halaman (salah satunya hal. 255), kemudian tanda baca; setahu ku dan dari pelajaran yang aku dapatkan dari ketua Pelangi (Fachmy Casofa), tidak ada tanda baca seperti : ?! atau !!!, sering di jumpai ( salah satunya hal. 212)
***

Secara keseluruhan novel ini sangat bagus. Dan perempuan Indonesia yang menjadi buruh migran maupun di negeri sendiri harus mencontoh sosok Ale dalam tokoh utama novel ini. Muslimah yang tetap menjaga islam secara utuh, walupun jauh di negeri orang. Mempertahankan harga diri, martabat, kreatif dan tidak pernah putus asa.
Tetap menjaga auratnya di manapun berada. Karena semua kisah pelik dalam novel itu terjadi karena sebuah aurat yang terbuka. Sedikit kutipan :

“Bagaimanapun Aanon tidak akan mengerti apa yang dirasakan Ale. Ketika tiba-tiba Aanon melihatnya tanpa jilbab. Entah berpengaruh atau tidak terhadap Aanon, atau bahkan dia tidak peduli, akan tetapi bagi Ale inisuatu musibah. Namun, Ale sudah sedikit tenang, sedikit menyesal dengan kejadian itu.” (Hal. 67)

Cherish
Kelopak lentik menghias sendu matanya
Bersih raut sesuci jiwa terdalam
Beningnya tatap sirnakan mendung kelabu
Dunia, apakah semua melihatnya?
Lihatlah surya, dia pun terpana
Mencium wanginya
Semerbak cherish di musim salju
Dia cherish-ku yang tersembunyi
A520 by: A. Yan
(Hal. 93)

(salah satu puisi cinta Aanon yang menjadi sebuah ‘bomerang’ untuk Ale)
(520 dalam bahasa mandarin artinya Wo Ai Ni)

***
Xie-Xie kak Ermawati, Tue bu ci kalau selama ini telah tidak membuatmu nyaman. Dengan membaca kisah dalam novel Kak Mell shaliha ini aku mulai sadar, apa yang kamu lakukan adalah benar. Tapi aku lebih senang lagi saat Chelsy segera mengubur ke’gengsi’annya untuk memaafkan Nia. Xie xie telah memaafkanku.
***

Advertisements

Catatan Hati Ibu Bahagia ~ Leyla Hana

Alhamdulillah, ini buku ketiga yg terbit di bulan Februari. Buku inspirasi untuk para ibu rumah tangga. Endorsmentnya oleh Mba Eni Martini dan Izti Bunda Bumi. Genre nonfiksi, tapi ringan banget. Sebenarnya mudah kok menulis nonfiksi solo. Tentukan temanya dan bikin bab-bab yg sesuai dgn tema. Buku nonfiksi yg mudah dicontek dalam hal penulisan, adalah Rahasia Pengantin Baru dan Catatan Hati Ibu Bahagia, hehe…. Gak seperti baca skripsi. Bacanya pun gak sampai dua hari, insya Allah.

Ayo Buruan Serbu di Gramedia atau Toko Buku di kota anda!

KUNTILANAK CEMEN

Judul : KUNTILANAK CEMEN
Hal : Kurang lebih 200an halaman
Genre : Horor Komedi
Penulis : Eni Martini
Penerbit : Elex Media Komputindo
Terbit : Kira kira Awal Maret 2012
Harga : Belum Tau

Untuk kesekian kalinya aku bikin horor, namun kali ini berbeda dari yang sebelumnya yaitu horor komedi. Alhamdulillah setelah mengalami perjalanan yang sedikit berliku akhirnya KUNTILANAK CEMEN berjodoh dengan Elex Media Komputindo punya Gramedia Group.
Untuk teman-teman semua terima kasih atas doa nya dan ini sedikit sinopsis di cover belakang bukunya:

“Jangan pernah nyelonong ke perpustakaan seni rupa sendirian…”

“Apalagi saat matahari mudik ke Barat, langit sedikit mulai menghitam bagai alis perempuan menor, dan angin bertiup seperti serombongan ibu-ibu arisan bergosip…was-wes-woooooooos!”

“Dimana kampus mulai sepi, lengah, temaram… iseng pacaran di di poon jengkol eh… di lorong perpusnya pun… jangan pernah!”

“Sebabbb…disana kuntilanak itu munculll!”

Begitulah gosip yang beredar dikalangan mahasiswa. Joe lalu bikin taruan uang 500 ribu dengan tiga temen cs-nya (Kiki, Tanjung dan Putri): Barang siapa yang berani semalaman seorang diri di Perpustakaan Seni Rupa berhak membawa uang yang terkumpul.
Melihat kegigihan dan kemiskinan Zaid Markotob, Joe membebaskan untuk tidak setor uang, tapi setor tubuh aja untuk dimakan kuntilanak. Maka terkumpullah uang 2 juta rupiah. Zaid sendiri awalnya pengen ikutan karena kehadiran Putri yang bak kehadiran tukan nasi uduk disaat lapar. menggiurkan banget gitu……………..

Oke segitu aja, dan nikmati kejadian kejadian lucu saat Joe dan temen temennya bertemu dengan Kuntilanak cs, dan bagi temen temen yang mau pesen bukunya bisa sms ke 0838 7257 9535 so pasti dapat tanda tangan dari kuntilanaknya ehhh penulisnya plus bonus satu exp majalah.

BUUUUURRRRUUUUAAAAANNNNNN.

Antologi a Sweet Candy for Teens

Alhamdulillah, sudah terbit.
Antologi a Sweet Candy for Teens
Leyla Hana, Sapto Rini, dkk
Elex Media
ISBN / EAN : 9786020018102 / 9786020018102
Jumlah Halaman : 212
Berat Buku : 225 gram
Dimensi( pxl ) : 210 mm x 140 mm
Published Date : Rabu, 1 Februari 2012
Harga: Rp 38.800
Sudah beredar di seluruh toko buku di Indonesia

Sinopsis

Remaja adalah pribadi yang unik, berada di dua arus yang saling tarik-menarik, masa kanak-kanak dan dewasa. Di satu sisi, mereka ingin mengambil keputusan sendiri karena merasa sudah dewasa, di sisi lain, orang dewasa (guru dan orang tua) merasa bahwa keputusan yang diambil oleh anak-anak mereka patut diragukan.
Sering kali, kesalahan mengambil keputusan akibat kurangnya arahan, membuat mereka mengorbankan masa depan. Misalnya, saat tergoda oleh pesona cinta pertama, sehingga mengorbankan kehormatan diri. Remaja juga membutuhkan dukungan meraih cita-cita, di tengah belitan kesulitan hidup dan ketidaksetujuan orang tua akan jalan hidup yang diambil.

Dan akhirnya, keputusan untuk menikah di usia muda, lebih sering membuat rasa tidak senang pada orang tua, karena dianggap akan menghancurkan masa depan.

Kisah-kisah di buku ini adalah kisah nyata dari para penulis dan orang-orang terdekat mereka, yang berhasil melalui masa remaja mereka dengan cemerlang; melewati kisah cinta pertama dengan arif, berhasil menggapai cita-cita meski tak selalu sama dengan rencana semula, dan tetap sukses menjadi orang dewasa yang mandiri meskipun memutuskan untuk menikah di usia muda.

Info Sayembara ‘TSOS = The Secret of Shalihah’

“Sebaik-baik Perhiasan dunia adalah Muslimah Shalihah”
Senantiasa jadikan dirimu muslimah shalihah yang taat pada Allah, Rosul dan Suamimu!

Cover buku TSOS

Sekedar resensi info buku

Kalau mau cari resensi bukunya (cari ja di Blog ini: catagori : Resensi)

Assalamu’alaikum

Berhubung banyak request dan tak ingin kecewakan pembaca. Sayembara The Secret of Shalihah (TSOS) dateline diundur sampai tanggal 29 Februari 2012.

Apa Sayembaranya?

1. Foto Bersama Buku TSOS
2. Membuat tulisan dengan tema “Aku dan TSOS”

Bisa pilih salah satu atau boleh ikut keduanya.

Ketentuan:
a. Bebas
b. Unik
c. Menarik
d. Inspiratif

Kirim ke : akhwat_visioner@yahoo.com
Dateline: 29 Februari 2012

Hadiah : Buku antologi terbaru saya (Dear Mama), masing masing akan dipilih satu terbaik.

Bagi yang sudah punya bukunya, bergegaslah!
Bagi yang belum punya bisa pesan ke :
1. Etika Aisya Avicenna (penulis, 08999344753)
2. Norma Keisya Avicenna (FB)
3. Dwi Harjanto (PJ Solo raya, 085647058337)

Harga : 25.000 (25ribu)

Yuk Infokan ke yang lain!

Wassalamu’alaikum

Ttd

Etika Aisya Avicenna (Penulis TSOS)

Selamat berjuang, ingat jalan masih panjang dan berduri…

The Secret of Shalihah ~ Aisya Avicenna

RESENSI BUKU

Judul : The Secret of Shalihah
Penulis : Aisya Avicenna
Penerbit : Indie Publishing
Tahun : November 2011
Cetakan : Pertama
Harga : Rp. 25.000,00
ISBN : 978-602-9142-37-2
Halaman : xxvi + 137 hal; 15 x 10 cm

Prolog:
Seindah hiasan adalah muslimah shalihah. Buku mungil yang berjudul “The Secret of Shalihah” ini hadir sebagai bentuk ungkapan cinta dan kasih sayang penulis khususnya kepada semua muslimah yang bertekad dan terus berusaha menjadi shalihah. Dan sekaligus sebagai sarana renungan dan motivasi bagi penulis yang juga tengah berjuang untuk menjadi shalihah.

Kepribadian seorang muslimah haruslah berlandaskan Al Qur’an dan As Sunnah. Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam sebuah hadist: “Aku tinggalkan pada kamu dua perkara, kamu tidak akan tersesat selagi kamu berpegang teguh kepadanya, yaitu Kitabullah (Al Qur’an) dan Sunnah Nabi-Nya” (Diriwayatkan Imam Malik).

Cermin Seorang Muslimah
Muslimah mempunyai kedudukan yang sangat tinggi di dalam islam dan pengaruhnya begitu besar dalam kehidupan setiap muslim. Pentingnya peran muslimah tampak di dalm beban tanggung jawab yang harus diembannya dan perjuangan berat yang harus ia pikul yang pada sebagiannya melebihi beban tanggung jawab kaum pria.

Pernah diriwayatkan ada seorang lelaki datang kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya berkata: “Ya Rasulullah siapa manusia yang lebih berhak untuk saya pergauli dengan baik?” Jawab Nabi, “Ibumu” Ia bertanya lagi, “Lalu siapa?” Jawab beliau, “Ibumu”, Ia bertanya lagi, “Lalu siapa lagi?” Jawab beliau, “Ibumu”, Ia bertanya lagi, “Lalu siapa?” Beliau jawab “Ayahmu.” (Diriwayatkan oleh Imam Bukhari)

Hadist ini memberi pengertian bahwa ibu harus mendapat tiga kali lipat perbuatan baik dari anaknya dibandingkan seorang bapak. Mencoba untuk flashback ke zaman Rasullullah, telah ada bukti nyata wanita muslimah seperti Khadijah Radhiyallahu ‘anha yang mempunyai peran berarti saat penerimaan wahyu pertama kali di Goa Hira’. Rasulullah datang kepada khadijah dalam keadaan seluruh persendiannya gemetar, seraya bersabda: “Selimuti aku! Selimuti aku! Sungguh aku mengkhawatirkan diriku” Maka Khadijah berkata: “Tidak. Demi Allah, Allah tidak akan membuatmu menjadi hina sama sekali, karena engkau selalu menjalin hubungan silaturahmi, menanggung beban, memberikan bantuan kepada orang yang berada di pihak yang benar” (Muttafaq ‘Alaih).

Serta peran Aisyah Radhiyallahu ‘anha tak kalah pentingnya, dimana sahabat Nabi banyak mengambil hadist-hadist dari beliau, dan begitu pula kaum wanita banyak yang belajar kepadanya tentang hukum-hukum yana berkaitan dengan mereka.

Dan tidak pula meragukan peran ibu sangat berpengaruh bagi diri kita, mulai dari rahim sampai sekarang. Dan tak ada pahala apapun yang bisa untuk mengganti pengorbanannya.

Potensi seorang muslimah
Muslimah memang memiliki sifat lembut namun itu tidak berarti menjadikannya sebagai makhluk lemah, di balik kelembutannya tersimpan kekuatan dan potensi terpendam yang belum maksimal. Potensi pertama, kenali diri dengan mengetahui kelebihan dan potensi yang dimiliki. Kedua, bersegeralah untuk proaktif. Muslimah harus peduli dengan lingkungan, memberikan konstribusi nyata dengan karya kepada lingkungan.

Isi:
“Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah muslimah yang shalihah.”
(HR. Muslim)
“Aku tinggalkan pada kamu dua perkara, kamu tidak akan tersesat selagi kamu berpegang teguh kepadanya, yaitu Kitabullah (Al Qur’an) dan Sunnah Nabi-Nya”
(Diriwayatkan Imam Malik).

Buku ini sangat menarik dan sangat bermanfaat terutama bagi semua muslimah yang ingin menjadikan dirinya perhiasan dunia, yaitu muslimah shalihah. Dan juga muslim sebagai patner yang tak lepas dari muslimah perlu juga membaca buku ini. Kenapa? Karena buku ini bercerita tentang Al Qur’an dan As sunnah dalm menggapai title shalih dan shalihah. Dari dua hadist di atas, penulis mengembangkan menjadi beberapa mutiara yang elok, anggun bahkan nilai jualnya tinggi. Penulis mengembangkan sepuluh karakter dari Al Qur’an dan As Sunnah yang harus melekat pada pribadi setiap muslimah shalihah. Sepuluh karakter yang terbagi dalam beberapa mutiara-mutiara indah yang akan membantu muslimah menemukan jatidiri sebagai muslimah shalihah.
1. Salimul Aqidah (Aqidah yang bersih)
Dengan aqidah yang bersih maka muslimah akan memiliki ikatan yang kuat dengan Allah Swt. Dan dengan ikatan yang kuat maka tidak akan pernah menyimpang dari jalan dan ketentuanNya.

2. Shahihul Ibadah (Ibadah yang benar)
Ibadah yang benar adalah perintah Rasulullah yang sangat penting, dalam satu hadistnya menyatakan shalatlah kamu sebagimana kamu melihat aku shalat. Jelas sudah dalam diri Rasulullah terdapat suri tauladan yang baik. Maka dalam beribadah janganlah menyimpang dari ajaranNya dan mengada-adakan atau menambahkan sesuatu yang belum jelas akan kebenarannya.

3. Matinul Khuluq (Akhlak yang kokoh)
Rasulullah diutus untuk memperbaiki akhlak dan belaiau sendiri telah mencontohkannya. Sehingga Allah mengabadikan dalam QS. Al Qalam [68] ayat 4 yang artinya: “ Dan sesungguhnya kamu benar-benar memiliki akhlak yang agung.”

4. Qadirun ‘Alal Kasb (Mandiri)
Seorang muslimah boleh saja kaya raya bahkan memag harus kaya agar dia bias menuanaikan haji, zakat,infaq, shadaqah, dan mempersiapkan masa depan dengan baik. Paling tidak memiliki keahlian, agar menjadi sebab datangnya rizki dari Allah Swt.

5. Mutsaqaful Fikr (Intelek dalam berpikir)
Mutsaqaful Fikr adalah salah satu sifat rasul, yaitu fatonah (cerdas) dan AlQur’an banyak mengungkapkan ayat-ayat yang merangsang manusia untuk berpikir. Muslimah harus memiliki wawasan keislaman dan keilmuan yang luas.

6. Qawiyul Jism (Kekuatan Jasmani)
Seorang muslimah hendaknya memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga melaksanakan ajaran islam pun tidak ogah-ogahan. Shalat, zakat, puasa serta haji merupakan amalan yang membutuhkan jasmani yang sehat.

7. Mujahidu Linafsihi (Berjuang melawan hawa nafsu)
Setiap manusia memiliki kecendurungan baik dan buruk, kesungguhan lah yang akan menjadi kunci melawan hawa nafsu. Rasulullah bersabda yang artinya: “Tidak beriman seorang dari kamu sehingga ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa (ajaran Islam)” (HR. Hakim).

8. Munazham fi Syu’unihi (Teratur dalam suatu urusan)
Segala sesuatu harus dikerjakan secara professional, bersungguh-sungguh, bersemangat, dan totalitas merupakan diantara cirri-ciri muslimah dalam menuaikan tugas-tugasnya.

9. Haritsun ‘Ala Waqtihi (Pandai menjaga waktu)
Allah memberikan waktu kepada semua manusia sama, yaitu 24 jam sehari semalam. Dari waktu itu ada yang beruntung dan tak sedikit yang rugi. Ingat lima perkara sebelum datang lima perkara, yakni waktu hidup sebelum mati, sehat sebelum sakit, muda sebelum tua, senggang sebelum sempit, dan kaya sebelum miskin.

10. Nafi’un Lighairihi (Bermanfaat bagi rang lain)
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.” (HR. Qudhy dan Jabir).

Epilog:
Sebuah Muhasabah muslimah shalihah lah yang dipilih penulis sebagai akhir atau penutup dari rangkaian sifat atau karakter yang harus dimiliki seorang muslimah yang mendambakan sebagai perhiasan terindah di dunia, yakni muslimah shalihah. Sebait muhasabah:
Jadilah seorang muslimah shalihah
Yang tidak terpesona dengan buaian dunia
Karena hanya memimpikan syurgaNya
Karena hanya mengharapkan ampunanNya
Karena hanya merindu rahmat dan ridhoNya

Kelebihan:
Dari ukuran yang mungil dan harga yang relative murah untuk ukuran pelajar atau mahasiswa. Buku saku, yup, bisa dibawa kemanapun, dibaca dimanapun sesuka hati. Insyaallah buku ini mampu menyihir muslim atau muslimah untuk menjadi lebih baik lagi, beberapa ayat al Qur’an dan As Sunnah mewarnai rangkaian buku ini dari awal sampai akhir. Penulis berhasil memindahkan sebagian isi Al Qur’an dan As Sunnah tentang perilaku muslim shalihah ke dalam buku berukuran 15 x 10 cm ini.

Secara isi keseluruhan buku ini sangat menarik, dan insyaallah menjadi pembimbing untuk meraih jannah dengan membawa title muslimah shalihah.

Untuk kekurangan hanyalah editing saja.

Siapa yang ingin jadi muslimah shalihah? Ups…lupa tak hanya muslimah shalihah, tapi muslim shalih pun jangan sampai ketinggalan, karena muslim adalah patner abadi muslimah. Serta Al Qur’an dan As Sunnah bukan hanya untuk muslimah, namun untuk seluruh umat manusia. Bacalah buku mungil ini “The Secret of Shalihah”, insyaallah tidak akan rugi membelinya. Semoga.

Resensi buku ~ ‘BALITA HEBAT’

Judul Buku : Balita Hebat

Penulis : Pipiet Senja dkk

Penerbit : Jendela

Genre : Parenting

Halaman : 208 hal

Ukuran : 20 X 14 cm

ISBN : 978-979-063-633-0

Tahun : 2011

SINOPSIS

Kehebatan imajinasi dan kreativitas anak balita sungguh karunia-Nya yang tak terhingga. Sebagai orang tuaku tidak ingin membonsai potensi kreativitas dan imajinasi mereka. Aku berharap demikian pula guru atau siapapun yang berinteraksi dengan anak balita. Namun, saat melihat kenakalan dan kehebohan mereka, tak urung hati kesal, masygul.

Wajahnya tampak mirip sekali dengan ayahnya, suami yang telah meninggalkan kami karena kecelakaan. Dia yang sangat mengasihiku dan begitu berbahagia setiap kali aku melahirkan buah cinta kami. Dalam kebersamaan yang singkat, betapa sering ia membisikkan kata-kata lembutnya: “Titip buah hati kita, ya Cintaku. Mereka Amanah dari Sang Maha Pemilik.”

Buku ini berisi kumpulan kisah inspirasi seputar balita yag mengharu-biru dan menggemaskan, tak jarang membuat mata kita berembun. Begitu banyak tingkah-polah balita yang bisa membuat kita terperangah, tertunduk malu, dan mengambil pelajaran serta hikmah.

Buku ini tercipta dari para penulis yang rajin Blogger dan Fb-an yang di prakarsai oleh Teh Pipiet Senja. Dan seluruh Royalti di sumbangkan untuk korban bencana.

***

Cover unik. Cover pelangi dengan 4 malaikat kecil di setiap sudut dengan judul ‘BALITA HEBAT’. Apalagi aku sangat suka dengan balita. Tak butuh waktu lama buku itu memikatku. Buku ini sangat bermanfaat terutama bagi sepasang Suami istri yang baru menerima amanah buah hati dari Sang Maha Pemilik. Tak hanya mereka, bagi bujang atau pengantin baru serta pengantin lama pun masih membutuhkan buku ini sebagai pegangan pendidikan balita sejak lahir.

Kecerdasan dan kreativitas Penulis dalam menceritakan kisah Balita Hebat ini sungguh sangat memikat hati dan kata-katanya sangat ringan namun bersyarat makna. Saat membaca di awal ingin rasanya, terus dan terus membuka halaman berikutnya. Saya cuplikan beberapa kisah dalam buku ini.

Di awali dengan Amanah Cinta Dian Nafi
Si Peniru ulung yang cerdik, dan seorang single parent yang Hebat.

Janji Seorang Bunda ~Pipiet Senja

“Mama itu salah! Mama gak bisa pegang janji!” Teriaknya di antara tangisnya. “Kan Mama sudah janji… Butet juga sudah janji… Kenapa Mama Jemput Butet… Woaaa… Jangan Jemput!”

Penggalan kisah yang sangat membuat saya takjub. Seorang balita TK sangat memegang teguh janji yang telah dibuat. Dan pada dasarnya seorang anak yang terlahir adalah amanah.

Kemudian ‘Berkat Kisah Teladan~Nashita Zayn”
Kecerdikan seorang Balita bernama Khansa, saat ingin masuk rumah sedang keadaan rumah semua pintu terkunci. Masuk kamar lewat jeruji besi jendela, tanpa sepengetahuan siapapun termasuk satpam.

Calon Penghuni Surganya~Kang Eric Shandy
Kalau menerutku, kang Eric sungguh hebat, seorang pemuda belum menikah namun mampu menyihir 2 bocah yang bawel menjadi calon penghuni surga. Dan berawal dari niat ibadah karena Susu menjadi Niat ibadah karena Allah.

Sebagai Ending “Ambilkan Selimut Kakak~bunda Leyla Hana”
Dua malaikat kecil yang berbeda 1 tahun. Seorang kakak yang mempunyai sifat memimpin dan layaknya seorang Bos. Dan Seorang adik yang mempunyai sifat penuh empati dan suka menolong tanpa negosiasi.

Masih banyak lagi kisah Balita Hebat di buku ini, cuplikan di atas hanyalah sebagian kecil dari kisah-kisah inspiratif dan penuh keteladanan seorang balita. Saya ingat sebuah pepatah jawa. “Kebo Nyusu Gudhel”1. Maksudnya Orang dewasa tak ada salahnya belajar dari yang muda. Belum tentu orang dewasa selalu benar dalam bersikap dan bertindak.
Rugi kalau sampai tidak membaca buku ini. Buku ini juga di lengkapi dengan :Tips Pijat Bayi, 9 Kesalahan dalam merawat Balita, 10 Penyakit Balita, Makanan bunda sehat dan bergizi dan Menjaga kesehatan balita anda.

Nb.
(1) Kebo : Kerbau, Nyusu : Minum (air susu induk), Gudhel : anak kerbau